Home > kesehatan > 7 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

7 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Siapa tak kenal dengan  Ginseng. Tanaman asal Korea ini sudah dikenal beribu-ribu tahun sebagai ramuan yang berkhasiat bagi kesehatan.

Dalam perkembangannya, ginseng yang dikenal masyarakat kini tidak hanya sebatas asal Korea saja, tetapi juga berasal dari berbagai belahan dunia.  Padahal, Ginseng asli Korea diyakini memiliki khasiat yang lebih unggul dan teruji dibanding jenis lain .

Nah, untuk  memperkenalkan lebih dekat ginseng asli Korea dan beragam budaya Republik Korea secara umum,  Kedutaan Besar Korea Republik Korea mengadakan Festival Ginseng Korea 2008 yang digelar di Atrium Senayan City, Jakarta mulai 24 Oktober hingga 2 November mendatang.  Acara ini merupakan hasil kerjasama antara Kedutaan Republik Korea dengan Korea Agro Fisheries Trade Corporation dan PT Multi Bestari Indonesia.

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, Kim Ho Young menyatakan festival ini diharapkan akan menjadi ajang memperkenalkan ginseng asli Korea kepada masyarakat Indonesia.

“Ginseng merupakan simbol negeri Korea yang sudah dikenal seluuh dunia. Tumbuhan ini sejak digunakan sebagai  herbal dan telah diakui oleh WHO. Namun ginseng tidak diklasifikasikn sebagai obat.  Ini sebagai bahan ramuan yang biasa  untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas kesehatan,” ujar Kim Ho Young dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (31/10).

Sementara itu, Prof Dr Kim Si Kwan yang dikenal sebagai pakar Ginseng Korea dari Biomedical and Health Science, Konkuk University, menegaskan bahwa ginseng memiliki komponen utama bernama Saponin.

Jenis dan kandungan Saponin dalam Ginseng Korea, kata Prof Kim jauh lebih banyak dibanding jenis ginseng lainnya sehingga khasiatnya pun diyakini lebih besar.

“Saponin Ginseng Korea memiliki 23 jenis sedangkan saponin ginseng Barat, Jepang atau China hanya sekitar 8 hingga 15.  Oleh karena itu khasiat Ginseng Korea sangat tinggi,” ujarnya.

Di Indonesia, kata Prof Kim, Ginseng Korea akan sangat cocok digunakan masyarakat mengingat kondisi iklim dan cuaca yang panas.

“Ginseng sangat baik untuk memelihara daya tahan tubuh dan stamina. Untuk daerah panas seperti Indonesia, ramuan ginseng dapat membantu  mengendalikan suhu tubuh dan memperlacar sirkulasi darah,” jelasnya,

Prof Kim juga menambahkan bahwa riset dan penelitian tentang khasiat ginseng sudah berjumlah puluhan ribu.  Ginseng terbukti efektif membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit mulai dari masalah pembuluh darah, jantung, diabetes hingga kanker.

Ginseng sering disebut sebagai “ramuan ajaib” karena memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang begitu banyak. Akar dari tanaman ini dipercaya bisa mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Beberapa orang mengatakan, ginseng berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan menaikkan tekanan darah yang rendah.

Keberadaan ginseng sebenarnya sudah ada sejak lama dan telah dimanfaatkan dalam pembuatan teh herbal di Cina. Di Indonesia sendiri, ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Ginseng memiliki banyak kandungan bioaktif seperti, saponins, phytosterols, peptides, polysaccharides, asam lemak, polyacetylenes, vitamin, dan mineral.

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari tanaman yang sering digunakan sebagai ramuan tradisonal ini :

  1. Mengurangi stres mental : Ginseng mampu meningkatkan kewaspadaan mental, disamping juga merubah mood dan menghilangkan rasa lelah. Manfaat lainnya adalah sebagai ramuan antidepresan dan anti-kecemasan. Ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan, hormon adrenal (kortisol, adrenalin, dan noradrenalin) akan mengalir keluar dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dalam situasi ini, ginseng dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan tingkat adrenalin.
  2. Merangsang sistem kekebalan dan saraf : Ginseng mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sejumlah pakar obat herbal mengatakan ginseng dapat meningkatkan kualitas hidup. Sifat adaptogenik pada ginseng membantu merangsang orang tetap muda. Sedangkan pada orang tua, dapat memulihkan sel-sel yang rusak dalam tubuh. Ginseng juga dapat membantu Anda melawan flu dan penyakit infeksi lainnya.
  3. Mengobati diabetes: Tingkat gula darah dapat turun secara drastis dengan mengkonsumsi ginseng. Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antidiabetes, perlu mempertimbangkan kembali untuk menggunakan ginseng secara bersamaan. Pasalnya, mencampur ginseng dengan obat diabetes bisa membuat kadar gula darah terlalu rendah. Oleh karena itu, sangat diperlukan rekomendasi dari dokter.
  4. Mencegah perkembangan kanker : Pertumbuhan jenis tertentu dari sel-sel kanker dapat dihambat oleh Ginseng. Chinese Medicine Journal melaporkan, ginsenosides memiliki efek anti-tumor serta dapat menginduksi kerusakan sel pada kanker prostat, sel kanker ovarium, sel paru-paru adenokarsinoma, dan sel-sel neuroblastoma. Selain itu, ginseng juga berfungsi dalam menghambat perkembangan siklus sel, sehingga dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.
  5. Menurunkan kadar kolesterol : Dalam beberapa penelitian, Ginseng ditemukan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Para ilmuwan percaya bahwa ginsenocides yang terdapat dalam ginseng bertanggung jawab terhadap penurunan kadar kolesterol dalam tubuh.
  6. Mengurangi Kelelahan : Peran adaptogenik dari berbagai strain Ginseng diyakini dapat memberikan perubahan fisiologis pada tubuh untuk beradaptasi dengan rasa lelah akibat terlalu banyak pekerjaan.
  7. Meningkatkan daya tahan atlet : Kualitas ginseng dalam meningkatkan stamina telah membuatnya menjadi tonik stimulan populer di kalangan atlet. Selama berlatih, seorang atlet perlu secara konsisiten menjaga stamina agar tetap tinggi, dan ginseng dapat membantu untuk mewujudkannya.

Penggunaan ginseng tidak disarankan terutama pada ibu hamil dan menyusui, untuk mencegah terjadinya kontraindikasi. Selain itu, ginseng juga dapat mempengaruhi reaksi dari  beberapa obat, seperti, pengencer darah seperti warfarin, heparin, aspirin, dan diuretik.

Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ginseng jika Anda sedang minum obat untuk hipertensi atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Sumber: health.kompas.com

About these ads
  1. October 17, 2011 at 21:40 | #1

    ternyata banyak juga ya manfaat dari ginseng
    salam kenal gan,.,

  2. Ade
    April 25, 2012 at 15:57 | #2

    Kalau boleh tanya, apakah betul penggunaan ginseng dalam waktu lama dapat menyebabkan insomnia?

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: