Home > Purwokerto > Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman

Di sebuah desa bodas karangjati,rembang,purbalingga, 24 januari 1916 lahirlah seorang anak dari pasangan suami-istri, bapak Karsid Kartowirodji seorang pekerja Pabrik Gula Kalibagor dan ibu Siyem keturunan wedana rembang yang kemudian di panggil dengan nama Soedirman, sejak berumur 8 bulan di angkat sebagai anak oleh R. Tjokrosoenaryo seorang asisten wedana rembang yang masih kerabat ibu Siyem. Sudiman mengenyam pendidikan dasar di sekoalah HIS Cilacap pada 1923-1930.kemudian melanjutkan ke sekolah MULO Taman dewasa ( hanya 1 tahun) dan pindah ke perguruan Param Wiworotomo selesai pada tahun 1935 , kemudian melanjutkan ke sekolah HIK di solo meskipun tidak tamat. Berlatar belakang keluarga sederhana, Soedirman mengabdi sebagai guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan Hizbul Wathan (WH), Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya.  Selalu konsisten dan konsekuen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa dan negara.
Saat usianya masih 31 tahun Sudirman sudah menjadi seorang jenderal, beliau jugalah yang pertama kali mencetuskan kosep perang gerilya pada agresi militer Belanda di Yogyakarta. Dia juga tercatat sebagai panglima sekaligus Jenderal pertama dan termuda di Republik ini.

Sesudah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, Sudirman diangkat menjadi Panglima Divisi V/ Banyumas dengan pangkat Kolonel. Melalui Konferensi TKR pada tanggal 2 November 1945, dia terpilih menjadi Panglima besar TKR/ Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia. Selanjutnya pada tanggal 18 Desember 1945 melalui pelantikan presiden Pangkat Jenderal diberikan padanya. ia memperoleh pangkat jenderal tidak lazimnya, tapi karena prestasinya. Beliau wafat di magelang, 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun dan di makamkan di taman makam pahlawan Semaki (kusumanegara) Yogyakarta. Beliau dinobatkan sebagai Pahlawan Pembela Kemerdekaan.

dikutip dari berbagai sumber

by gp

  1. envi green
    November 8, 2009 at 21:43

    2 hari lagi hari pahlawan, sengaja aku cari referensi tentang salah satu tokoh yang aku suka, terutama dari sifat kesederhanaan , keberanian & patriotisme melawan penjajahan belanda. thanks hidup mulia atau mati syahid

    • indragp2009
      November 12, 2009 at 09:22

      mudah mudah an bermanfaat dan menjadi berkah buat semua. amin

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: