Home > Handphone > Mengenal isi Prosesor Ponsel

Mengenal isi Prosesor Ponsel

Pada dasarnya prosesor memiliki fungsi yang sama dengan otak manusia, yaitu sebagai pengatur / pusat kontrol sebuah sistem. Jika kita bedah isi dalam prosesor akan kita temukan blok-blok penting antara lain:

1. Unit memori.
Unit memori merupakan penampungan data yang di perlukan prosesor untuk mengakses sebuah data tergantung dari seberapa besar memori prosesor. Semakin besar memorinya semakin cepat pula prosesor mengakses sebuah data, dan sebaliknya.
Menurut sifatnya memori di bagi menjadi 2 bagian:

• Memori yang menguap
Memori jenis ini akan kehilangan data jika catu daya dimatikan. Memori ini dikenal dengan RAM (Random Access Memory).
• Memori tidak menguap
Memori jenis ini tidak akan mengalami kehilangan data jika catu daya dimatikan, sebab memori jenis ini hanya bias menerima satu kalidata dan menyimpannya seumur hidup. Memori ini dikenal dengan ROM (Read Only Memory).

Dari kedua sifat memori itu jika digabungkan akan membentuk sebuah memori yang dikenal dengan EEPROM (Electrical Erasable Progamable Read Only Memory). Memori jenis ini dapat menggonta-ganti isi data walaupun catu daya dimatikan
2. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan pengendali utama dari seluruh aktifitas prosesor. Cpu berisis program yang digunakan untuk mengatur perangkat lain dalam sebuah ponsel. Di dalam CPU terdapat ALU (Arithmatic Logic Unit) yang bertugas untuk menghitung aeritmatik dan logika.
Pengolahan data aritmatik yang dimaksud misalnya : pengurangan, penambahan, pembagi dll. Sedangkan contoh pengolahan data logika misalnya And, Or, Nor, Nand dll.
3. Unit Input Output
Unit input output adalah sarana untuk menghubungkan prosesor dengan komponen lain.
4. Bus
Bus adalah jalur-jalur fisik yg menghubungkan prosesor dengan memori eksternal, semisal IC Flash. Biasanya ada 2 macam bus didalam prosesor, yaitu bus data dan bus alamat.
5. Pembangkit Clock Oscillator
Sebagai pembangkit sinyal clock diperlukan sebuah komponen yang disebut crystal yg berfungsi sebagai pembangkit gelombang. Di ponsel, Cristal berjumlah 13 Mhz, 26 Mhz, 32 Mhz dll. Clock berguna agar prosesor dapat mengintruksi berbagai program secara bersamaan (sinkron).
6. Unit Waktu/ Timer
Waktu atau timer dalam sebuah prosesor digunakan untuk mencacah gelombang, menghasilkan delay dan mengetahui status proses yang sedang berlangsung.
7. Program
Di prosesor, program dimasukkan kedalam memori internalnya. Sehingga prosesor dapat dengan mudah mengendalikan suatu system. Biasanya program yang masuk ke dalam prosesor adalah dalam bentuk file HEX (Hexa). Bukan tidak mungkin file yg dimasukkan juga berbentuk BIN (Biner).
Prosesor dapat digonta-ganti tanpa harus memasukkan kembali identitas ponsel seperti : IMEI, system pensinyalan dan distribusi tegangan. Sebab prosesor hanya menjalankan program-program yang bersifat sementara (RAM), sedangkan penyimpan identitas ponsel adalah ROM.

Di kutip dari tabloid pulsa edisi 68 th III

by gp

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: