Home > Gudang lagu > ROCK

ROCK

ASAL USUL
Musik rock yang kita ketahi sebagian besar diturunkan dari R&B , era terbaiknya adalah tahun 1950-an dengan gitaris yang paling berpengaruh Chuck Berry. Setiap musisi rock dari 4 dekade terakhir berhutang padanya.
Aerosmith tak akan menggunakan palm-mute downstroke kalau bukan karena Chuck. Sex pistols tak akan memainkan akord 8-to-the-bar yang meng hentak hentak tanpa pengaruh orang besar ini. Dan Keith Richards the Rolling Stones mengatakan baha pada mulanya dia tidak akan bermain gitar bila dia tidak mendengarkan single awal Berry di label rekaman chess.
Eddie Cochran (mungkin dia adalah jagoan gitar pertama) dan Duane Eddy (seorang instrumentalis rock pertama) layak disebutkan. Bahkan Hank Marvin seorang pemain Stratocaster pertama di inggris, juga pelopor penggunaan bending dengan whammy-bar.
Di samping kenyataan bahwa banyak band klasik rock bermula pada tahun 60-an ( The Stones, The Kinks dan The Who , tiga diantaranya), kebanyakan pilihan nama muncul pada akhir decade tersebut. Bila kamu menguasai Hendrix, era awal Pink Floyd, Jefferson Airplane dan Cream, kamu tak perlu mundur lebih jauh lagi.

TAHUN 1970-an
Dekade ini adalah decade yang paling mudah untuk didiskusikan oleh seorang calon guru rock, karena sulit sekali melakukan kesalahan disini. Tidak akan ada yang mendebat penegasanmu perihal pengaruh Jimmy Page pada permainanmu. Rekaman awal Thin Lizzy dan Van Halen masih dianggap paling kredibel di antara para veteran rock.
Bahkan musisi yang dianggap norak beberapa tahun lalu (Slade, Marc Bolan, Kiss, Sweet ) bila kamu gunakan-bila gertakanmu cukup meyakinkan-untuk menunjukkan apresiasi yang tak tertandingi atas ironi dan kitsch dalam kontek rock.
Tentu saja tidak mengabaikan kenyataan bahwa era itu, Heavy Metal mulai menancapkan kuku-kukunya di tangga-tangga album. Sulit memisahkan para pemainnya dari segenap aksesoris mereka (tengkorak, salib, helm Viking, symbol mistis dan lain-lain )

TAHUN 80-an
Pada periode ini Sound gitar, jumlah penonton, dan model rambut meledak secara bersamaan. Banyak band yang pertama kali melakukan rekaman pada tahun 70-an menikmati sukses yang berkelanjutan( Queen, AC/DC, Dire Straits, ZZ Top). Namun perkembangan synthesizer akhirnya melahirkan keturunan yang sah yaitu band Adult Oriented Rock.
Yngwie Malmsteen maupun Steve Vai adalah para pemain hebat ( mereka bahkan pernah bermain di band yang sama dalam waktu yang berbeda).

TAHUN 90-an
Di tahun ini , pada tataran tertentu , teknik permainan gitar tingkat tinggi mengalami kemunduran. Kurt Cobain dan Noel Gallagher misalnya, adalah dewa gitar bagi jutaan orang namun keduanya bukanlah pemain mahir. Bagaimanapun juga saat ini masih terdapat pemai yang piawai di arena rock- Kim Thayiil dari Soundgarden, Dave Navarro-nya Red Hot, gitaris eks Living Colour Vernon Reid dan sebagainya. Tapi pada umumnya dewa gitar rock ( Eric Clapton, Jimi Hendrix, Mark Knopfler) hamper tak pernah berubah dalam 20 tahun terakhir.

Para pemain

CHUCK BERRY
Lahir pada 18 oktober 1931 atau 15 januari 1926. seperti halnya bbanyak aspek dari masa lalu chuck yang tidak begitu jelas, tanggal lahirnya masih controversial.
Single tahun 1950 ‘MAYBELLINE’ merupakan hit R&B instant- mungkin rekaman rock pertama. Rekaman awal (‘AROUND AND AROUND’ , ‘COME ON’ , ‘ROCK AND ROLL MUSIC’ , ‘ROLL OVER BEETHOVEN’ ) sering dimainkan oleh band-band inggris – Rolling Stones , Beatles, Animals, Yardbirds. Penampilan di panggung terkenal eksentrik. Vhuck dikenal selalu menuntut pembayaran kontan atas setiap aksi pertunjukannya. Ia tidak suka melkukan perjalanan dengan sebuah band tetap, karena dia lebih suka menyewa dan memecat pemain local di mana pertunjukan akan berlangsung, dan mengharapkan mereka mempelajari seluruh repertoarnya sebelum manggung.
Gaya bermain : petikan pick kebawah, 8-to-the-bar. Double-stops ( dua dawai yang dimainkan bersamaan) dengan menggunakan telunjuk yang dipipihkan di dua dawai pertama, atau di dawai kedua dan ketiga. Permainan lead kadang-kadang diharmonisasikan dalam interval ketiga. Tone: semi-distorsi. Hamper selalu memainkan solo dalam pentatonis minor.
Peralatan : Gitar Gibson semi-solid, terutama ES-335 berwarna merah. Seringkali menggunakan Combo Fender, namun tidak terlalu mengutamakan jenis ampli tertentu.

JEFF BECK
Lahir pada tanggal 24 juni 1944. kesempatan pertamanya dating ketika ia menggantikan Clapton dalam Yardbirds (1965). Pada tahun berikutnya membentuk grup dengan nama sendiri Hit (pop) pertamanya ‘HI HO SILVER LINING’ adalah single terbesarnya dan mengilhami beberapa pemain untuk bereksperimen dengan permainan solo kembar ( jadi ikut bertanggung jawab atas eksistensi IRON MAIDEN ). Tidak pernah bekerja secara konsisten dengan seorang vokalis, meskipun sesi atau albumnya melibatkan Donovan, Rod Sterwart, Tina Tuner, Kate Bush, Brian May, Jon Bon Jovi dan Robert Plant. Membuat dua album jazz-rock pada pertengahan tahun 70-an – Blow By Blow dan Wired. Saat ini menghasilkan kira-kira satu atau dua album per decade. Amat jarang memberikan wawancara dan meng habiskan sebagian besar waktunya dengan membangun kembali mobil-mobil klasik amerika.
Gaya Bermain : Dalam satu kata mempesona. Salah seorang maestro sejati gitar elektrik. Bending, harmonic dengan whammy-bar, trill, tapping, country picking yang menakjubkan. Biasanya bermain dengan jarinya. Walaupun ia memiliki gaya permainan yang cepat dan bertenaga, ia selalu bersedia memainkan solo yang lebih tenang bila lagu membutuhkannya.
Perangkat : mulai bermain dengan Telecaster, Stratocaster dan les paul, namun kini namanyasinonim dengan Strat. Ampli Marshall.

JIMI HENDRIX
Lahir pada tanggal 27 november 1942. namanya diduga diubah oleh ayahnya dari Jhonny Allen Hendrix menjadi James Marshall Hendrix. Terpengaruh oleh BB King dan Muddy Waters. Pernah bekerja bersama Little Richards, Curtis Knight, Ike Turner, sampai ia ditemukan oleh pemain bas The Animals Chas Chandler yang membawanya ke inggris. ‘Jimi Hendrix Experience’ di bentuk pada tahun 1966 dengan Noel Redding Mitchell sebagai drummer. Hits awal jimi akhirnya memperkenalkannya pada pendengar Amerika. Pertunjukan live yang patut dicatat mencakup Monterey Pop Festival, Woodstock, dan Isle of Wight Festival (dua pertunjukan terakhir berlangsung setelah Redding mengundurkan diri pada tahun 1969). Meninggal dalam tidurnya, tercekik oleh muntahannya sendiri pada tanggal 18 September 1970.
Gaya bermain : Sensasional! Bending gila-gilaan, tukikan Whammy-bar, feedback yang terkendali ( dan yg tak terkendali ) yang semua dimainkan pada volume yang sangat keras. Komposisinya yang lebih tenang menonjolkan nada-nada gemulai yang lembut dengan menggunakan hammer-on dan dinamika distorsi yang diatur oleh petikan Pick. Sangat memfaatkan tangga nada minor pentatonic namun solo dan riff-nya yang lain juga menonjolkan tangga nada mayor pentatonic, Mixolydian, dan natural minor. Beberapa tekniknya ( contoh ibu jari yang digunakan untuk menekan dawai bas ) dimungkinkan karena ukuran tangan memang amat besar.
Peralatan : Biasanya memainkan Strat untuk pemain tangan kanan yang dipakai secara kidal dan digantung terbalik, melalui ampli Marshall. Ia juga menggunakan berbagai Stompbox yang dimodikasi oleh guru effect inggris, Roger Mayer.

BRIAN MAY
Lahir pada tanggal 19 juli 1947. ia pernah bermain dalam band College bersama seorang drummer bernama Roger Taylor. Sebelum membentuk Queen pada tahun 1971 dengan Freddie Mercury sebagai vokalis dan John Deacon aebagai pemain bas. Pengaruh awalnya sebagai pemain gitar adalah Everly Brothers dan Shadows, namun seperti banyak gitaris rock lainnya ia segera belajar untuk menggertak dengan mengulik Chuck Berry dan Bo Diddley. Karir Queen selama 25 tahun perlu dipaparkan lagi. Brian juga merupakan seorang musisi solo yang aktif baik selama maupun setelah Queen- album Starfleet Project nya pada tahun 1984 direkam bersama Eddie Van Helen, ia juga telah menjadi musisi tamu pada berbagai pertunjukan dan rekaman , plus dua album solo.
Gaya bermain : Terkenal dengan harmoni gitarnya yang berlapis-lapis. Teknik ini ruwet dari pada yang diperkirakan oleh para pemain gitar. Seringkali beberapa bagian yang diharmonisasikan saling bertabrakan. Brian menggunakan dawai=dawai yang sangat tipis dan memetiknya dengan lembut. Akord-akord dimainkan dengan menambah vibrato Whammy-bar.
Peralatan : dia tampil dengan rambut panjang keriting, memainkan sebuah gitar merah buatan sendiri dengan sebuah ampli Vox AC30.

EDWARD VAN HALEN
Lahir pada tanggal 26 januari 1967 berdarah belanda. Pada awalnya belajar drum ( kakaknya, Alex bermain gitar), tetapi sebelum membentuk Van Halen pada tahun 1974, mereka bertukar alat musik. Album pertama kali memperkenalkan teknik tapping, meskipun hal ini masih menjadi perdebatan dalam dunia gitar rock. Teknik ini sempat muncul selintas pada lagu IT’S LATE milik Queen setahun sebelumnya dan kononpernah juga dilakukan oleh ZZ TOP bahkan jauh sebelumnya ( meskipun tak ada satupun yang bisa menunjukan pada lagu apa). Masalahnya dia yang pertama atau bukan dalam melakukan tapping, EVH masih pantas mendapatkan status sebagai salah satu pemain gitar elektrik paling berpengaruh sepanjang masa.ia mengaku tidak terlalu banyak mendengarkan musik akhir-akhir ini, seperti yang tampak fakta bahwa materi permainanya nyaris tak berkembang dalam satu decade terakhir ini. Anggota band itu telah meminta maaf secara public atas buruknya kualitas album Van Halen III tahun 1988. Catatan Sekarang menggunakan nama EDWARD bukan EDDIE Van Halen.
Gaya bermain : Tapping, Harmonik dan gabungan keduanya menggunakan distorsi dan delay plus Flanger, phaser, dan yang sesuai lainnya. Solonya tidak selalu bergantung pada kecepatan (speed) semata, ia juga menyuguhkan permainan melodis yang indah, terutama pada album-album awal.
Peralatan : Pada awalnya menggunakan gitar Hybrid dengan pickup tunggal yang di buat dengan suku cadang Fender tua dengan Floating bridge, kemudian di hubungkan ketumpukan ampli Marshall. Akhir-akhir ini Ernie Ball dan Peavey telah membuat signature model untuknya. Sekarang ia menggunakan amplifier Peavey 5150 signature series-nya sendiri.

STEVE VAI
Lahir 6 juni 1960. kesmpatan pertamanya dating ketika ia bekerja sebagai transcriber kemudian menjadi pemain gitar untuk Frank Zappa yang dikenal sangat teliti. Pada tahun 1980-an ia menggantikan Yngwie Malmsteen di sebuah band flash metal bernama ALCATRAZZ, lalu bekerja sama denagan DAVID LEE ROTH (yang baru keluar dari Van Halen). Album solonya, Flex-able, diikuti dengan kerja sangat singkat bersama WHITESNAKE. Berbagai album solonya setelah itu benar-benar mengeksplorasi sisi artistic seorang virtuoso rock. Studio dan teknik-teknik latihan orang ini sangat inkonvensional. Ia melakukan meditasi, puasa dan menggunakansuara hewan sebagai latar lagu-lagunya.
Gaya bermain : ia menggunakan semua teknik yang di populerkan oleh Van Halen ( liukan tremolo, tapping, pinched/ natural/ artificial harmonics) dan teknik-teknik lainya ( harmonic dalam harmoni yang berlapis-lapis, ber-flicking atau gargling, serta penyeteman yang aneh pada gitar berdawai enam dan tujuh).

dan masih banyak musisi lainnya… tunggu saja postingan selanjutnya

di kutip dari buku karangan Joe Bennett

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: