Home > Gaul, kesehatan, Tips & Trik > iNgin Kulit Wajah BerSeRii Tanpa JerawaT??

iNgin Kulit Wajah BerSeRii Tanpa JerawaT??

Setiap insani tentunya ingin memilki kulit wajah yang berseri, tak terkecuali apalagi  wanita yang merupakan suatu impian yang di idambakan. Akhir akhir ini terjadi pemanasan global di dunia tak terkecuali termasuk indonesia. cuaca yang panas menjadi salah satu faktor yang membuat wajah kita kelihatan kusam, apa lagi bagi yang memilki kulit wajah yang cenderung berminyak ini bisa membuat wajah kita tumbuh jerawat. jerawat adalah kondisi yang wajar di masa remaja. Ketika anak memasuki masa pubertas, kelenjar pituitary nya mulai aktif dan mengeluarkan sejumlah hormon. Perubahan hormonal tersebut merangsang kelenjar minyak di wajah untuk menjadi aktif. Tipe jerawat yang biasanya muncul pada kulit remaja adalah acne vulgaris. Jerawat tersebut biasanya muncul pada wajah, leher, bahu, punggung bagian atas, dan dada.Folikel rambut yang terdapat dalam pori-pori kulit mengandung kelenjar sebaceous atau kelenjar minyak. Kelenjar itu menghasilkan sebum, yaitu minyak yang melumasi rambut dan kulit. Di masa pubertas, kelenjar tersebut menjadi sangat aktif dan terkadang menghasilkan minyak yang terlalu banyak. nah bagai mana kita mensikapi pemanasan global ini sehingga kita tetap tampil dengan wajah berseri dan kelihatan segar tanpa jerawat??

Ada beberapa tip yang bisa membuat wajah kita kembali segar dan berseri tanpa jerawat

1.Hindari sinar matahri secara langsung,  Matahari memiliki peran utama dalam merusak kecantikan kulit. Anda perlu melindungi kulit dari matahari dengan produk kulit guna mencegah penuaan pada kulit. Matahari sangat berpengaruh dalam kesehatan kulit, membuat kulit berkerut, kering, dan membuat warna kulit berubah; Penjarangan kulit, tekstur kulit, penipisan kulit serta penyakit kulit yang berhubungan dengan paparan sinar matahari dapat membuat kulit Anda nampak jauh lebih tua. Jadi, mulailah melindungi kesehatan kecantikan kulit dengan krem produk kecantikan pelindung matahari.

2.Hindari Rokok, terutama bagi kaum pria, karena populasi dari perokok terbesar di dunia adalah pria. Merokok bukan hanya menyebabkan kanker paru-paru, tapi juga dapat membuat kesehatan kecantikan kulit kusam dan berkerut. Menurut beberapa penelitian terdapat dugaan kuat kalau nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki pengaruh yang sama layaknya elastin pada matahari

3.Olah Raga, berolah raga secara teratur, minimal seminggu sekali, lebih bagus lagi sempatkan minimal lima menit setiap hari untuk ber olah raga, tidak perlu olah raga yang berat-berat cukup yang ringan-ringan saja yang penting samapai kita berkeringat,Rajin berolahraga atau melakukan akitivitas fisik yang lumayan banyak menghasilkan keringat, hal ini terbukti sekali saat saya bekerja sebagai seorang pelaksana di sebuah perusahaan perkapalan dimana aktivitas kerja saya sangat banyak menghasilkan keringat yang ternyata berakibat positif untuk menurunkan tingkat keparahan jerawat.Sejalan dengan bertambahnya usia, sangatlah mustahil menyembunyikan tanda-tanda penuaan di balik kulit. Leher, pipi dan sudut mata merupakan bagian kulit kecantikan yang paling mudah terlihat saat usia bertambah tua. Demi memperbaiki penampilan kulit, kita mesti menyeimbangkan antara diet dan latihan secara teratur. Selain Anda juga harus rajin minum air putih, paling sedikit delapan hingga sepuluh gelas setiap hari. Rajin minum air putih. Tampaknya memang sederhana, tapi terapi ini benar benar manjur tidak hanya untuk masalah jerawat saja bahkan untuk penyakit penyakit berat lain sekalipun. Dengan bagusnya sistem “pengairan” di tubuh anda, maka darah anda ataupun organ lain tubuh anda akan bisa lebih “bersih” dan sehat sehingga akan mendukung proses penyembuhan anda dari jerawat atau penyakit lainnya.

4.Perawatan Kulit, Merawat kulit merupakan hal yang sangat penting. Anda harus segera mencuci wajah setiap kali sehabis keluar di bawah terik matahari. Menggosok kulit dengan produk kecantikan atau produk kulit peeling secara teratur, setidaknya seminggu 2 kali, akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel, sehingga kulit dapat lebih leluasa bernafas dan lebih cerah. Selalu menjaga kebersihan wajah, dengan rajin membasuh muka dengan sabun yang cocok dengan PH kulit anda, bisa menggunakan sabun untuk bayi jika kita tidak mau repot2 untuk mengeluarkan uang lebih.

5. Senyum , Memiliki Manfaat Ajaib Wajah kita cenderung menyesuaikan pada posisi dari ekspresi yang kita bawa sepanjang waktu. Jika Anda lebih sering cemberut atau marah-marah, kulit Anda-pun akan lebih cenderung cepat berkerut, terutama di area mata, garis dan sudut bibir atau garis-garis lain yang mengikuti ekspresi saat cemberut. Sebuah senyum dapat membuat keajaiban bagi kulit kecantikan Anda dan membuat awet muda pula. Jadi untuk mengindari jadi cepat tua, yang perlu Anda lakukan hanya lebih banyak tersenyum.

6. Tidur, kita perlu tidur setidaknya 8 jam setiap hari untuk mengembalikan semua uang kita keluarkan saat beraktifitas di siang hari, termasuk sel-sel kulit kita.Tidur dengan posisi telungkup dapat menyebabkan kerut. Selain itu hindari tidur dengan posisi tetap sepanjang malam, hal ini dapat menyebabkan kulit Anda kusut.

Bila di rumah keluarga kita terbiasa  minum teh dan membuatnya untuk satu hari satu keluarga, jika dibuat pagi sampai sore masih ada sisa, biarkan teh itu semalam , baginya bisa kita gunakan untuk membasuh muka kita &  untuk keramas. jika di gunakan secara teratur teh basi untuk membasuh muka akan membuat wajah kita jadi lebih halus, dan jika di gunakan untuk berkeramas bisa menghilangkan ketombe.

Jerawat

Kenapa jerawat bisa tumbuh di wajah kita???
1. Faktor Hormonal
Biasanya, jerawat bermunculan pada masa sebelum haid bagi perempuan atau masa pubertas. Makanya nggak heran kalau remaja yang lagi masa2 puber mulai didatangi jerawat.
2. Pola Makan yang Salah
Selain nomor 1, jerawat datang karena pola makan kita yang salah. Misalnya, kita suka makan makanan pedas, kacang, cokelat, dan makanan berlemak lainnya. kalau kulit normal memang tidak terlalu bermasalah, tapi kalau kulit berminyak, sensitif dan kering, hati2, jerawat nggak akan menolak untuk datang.
3. Infeksi
Ini karena kebiasaan menggaruk, memencet dan mengkorek2 komedo atau jerawat itu sendiri. Tangan kita yang nggak bersih yang digunakan untuk memencet-mencet komedo bisa menyebabkan infeksi pada kulit dan menimbulkan jerawat. Sedangkan saat kita mengutak-atik jerawat, air dari pecahan jerawat bercampur debu dan kuman tambah membuatnya beranak-pinak.
4. Pemanasan Global
5.Faktor Keturunan
Jika wajah kita belum terlanjur tumbuh jerawat ada beberapa tip untuk mencegah:

1. Jaga kebersihan wajah
Kita yang termasuk memiliki kulit berminyak memang lebih cenderung cepat berjerawat. Makanya pilih pembersih wajah yang sesuai yang umumnya mengandung alkohol. Tapi, kalau kulit wajah kita tergolong normal atau sensitif disarankan memilih pembersih wajah yang tidak mengandung alcohol, karena bisa membuatnya kering. Ingat juga untuk sering2 cuci muka apalagi dari udara yang berdebu dan kosmetik. Bersihkan wajah dua kali sehari terlebih sebelum tidur agar jangan ada sisa-sisa sebu yang bisa menyumbat pori-pori kulit.
2. Perawatan Wajah
Perawatan wajah bisa menggunakan kosmetik. Tapi pilihlah kosmetik yang mudah larut dalam air dan hindari kosmetik yang mengandung minyak. Salah satu alternatif perawatan wajah adalah masker wajah. Tapi kamu harus berhati2 memilih masker yang tepat. Pilih masker wajah yang khusus untuk mengangkat kotoran wajah secara mendalam, atau biasanya bertitel purifying mask. Masker seperti ini efektif untuk mengangkat kotoran serta minyak di wajah. Bisa juga memilih masker wajah yang mengandung bahan aktif pembasmi jerawat alias medicated mask. Selain itu kamu bisa menggunakan obat jerawat yang ada jaminan kesehatannya dan tidak menimbulkan ketergantungan serta berbahan sehat. Kalau perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit.
3. Konsumsi vitamin
Ini yang tidak kalau pentingnya, yaitu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A (agar kulit tidak berisisik, banyak terdapat pada sayuran hijau dan buah), vitamin C (antioksidan, banyak terdapat pada tomat, pepaya, jambu, belimbing), dan vitamin E (mencegah gangguan regenerasi pada kulit, banyak terdapat pada sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian).
4. Hindari merokok.
Rokok mengandung bahan yang kalau kamu hisap atau asapnya sekalipun tidak baik bagi kesehatan kulit terutama wajahmu.
5. Istirahat yang cukup.
6. Mengonsumsi makanan sehat dan seimbang.
Hindari makan makanan pedas, kacang2an, coklat serta makanan berlemak. Makan buah untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta minum air putih sebanyak 8 gelas sehari untuk membersihkan ginjal dan hati serta mengeluarkan racun dari dalam, sehingga kulit menjadi sehat, bersih dan cerah.
7. Hindari stres
Stress dapat membuat kita mengkonsumsi makanan sembarangan dan pola hidup jadi tidak sehat.
8. Olahragalah secara teratur

Dan jika wajah Kita sudah terlanjur berjerawat, ada beberapa tip untuk mencegah jerawat agar tidak menjadi smakin PARAH:

1.Jangan memencet jerawat anda, apalagi jika tangan anda tidak bersih karena HANYA akan semakin meperparah jerawat anda bahkan bisa menimbulkan luka lain ataupun infeksi.

2.Jika timbul luka, anda dapat mengoleskan Betadine untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.

3.Cobalah menggunakan ramuan belimbing wuluh yang di tumbuk sampai halus seperti bubur lalu dicampur air garam secukupnya, Lulur ini juga berfungsi sebagai astringen yang akan membantu memperkecil pori-pori yang terbuka terlalu lebar.

4.Hindari makanan berlemak dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dan makanan yang mengandung zinc.

5.Anda juga bisa melakukan penyembuhan alami untuk diri sendiri dengan terapi Reiki yang juga bermanfaat untuk membantu lebih awet muda dan memperhalus kulit.

  1. cupy
    July 2, 2009 at 16:56

    sepertinya blh dicoba,hehe…

    • indragp2009
      July 3, 2009 at 19:04

      ok. terima kasih dan selamat mencoba semoga kesuksesan selalu menyertai anda

  2. dhany
    April 5, 2010 at 21:59

    satu lagi yg dpt menimbulkan jerawat yaitu kebanyakan masturbasi/onani

    • indragp2009
      April 9, 2010 at 11:00

      mungkin juga……..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: