Home > kesehatan, Tips & Trik > ASI Membuat Anak tidak mudah menjadi Gemuk

ASI Membuat Anak tidak mudah menjadi Gemuk

Sebuah studi mengemukakan bahwa anak-anak yang diberi ASI akan lebih sedikit mengalami overweight dibandingkan diberikan susu botol. Kebanyakan manfaat tersebut berhubungan dengan lebih sedikit berat yang didapat saat bayi.

Para peneliti dari Belanda menemukan bahwa diantara lebih dari 2.300 anak-anak yang diamati sejak lahir sampai umur 7 tahun, mereka yang diberi ASI lebih dari 16 minggu, umumnya mempunyai Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih rendah pada umur 1 tahun. Anak-anak ini mempunyai rata-rata IMT lebih rendah dan memiliki kecenderungan lebih kecil menjadi overweight pada umur 7 tahun dibandingkan anak-anak yang menyusui dari botol. Namun demikian, bila peneliti mempertimbangkan faktor lain seperti IMT pada umur 1 tahun, hubungan antara menyusui ASI dengan masa anak-anak menjadi hilang.

Temuan yang saling bertentangan pada sejumlah studi, untuk menyelidiki apakah menyusui ASI berdampak pada berat masa anak-anak. Laporan terabru menyarankan bahwa menyusui ASI memberikan efek lanjutan pada berat badan anak-anak di tahun pertama kehidupan mereka.

Penulis utama studi Salome Scholtens, dari the National Institute for Public Health and the Enviroment di Bilthoven, menjelaskan, “Kami menunjukkan dalam studi kami bahwa efek perlindungan ASI pada overweight telah dibuktikan sampai umur 1 tahun. Anak-anak yang diberikan ASI memiliki perolehan berat badan lebih rendah pada tahun pertama kehidupan mereka dan karenanya lebih rendah risiko overweight pada umur 7 tahun.”

Efek perolehan berat badan saat balita menempatkan anak-anak pada ‘jalur IMT yang diinginkan’, demikian kesimpulan para peneliti. Laporan ini dipublikasikan pada American Journal of Epidemiology edisi terbaru.

Temuan ini berdasarkan data yang diperoleh dari 2.347 anak-anak yang ibunya direkrut selama hamil untuk ikut dalam studi pencegahan alergi. Sebagai bagian dari proyek, ibu-ibu melaporkan praktek memberikan ASI dan IMT anak-anaknya yang diukur secara berkala.

Scholtens menekankan bahwa banyak faktor mempengaruhi berat anak-anak selain memberikan ASI. Faktor-faktor ini, diet dan olahraga yang terutama, menjadi lebih penting saat anak-anak tumbuh lebih besar. Menurut Scholtens, penting buat orang tua, apakah memberikan ASI atau tidak, untuk mengajarkan anak-anak mereka berperilaku makan sehat saat masih kecil. “Orang tua memainkan peran penting pada pola penerimaan makanan dan pengembangan makan sehat anak-anak mereka.”

sumber sahabatsehat

  1. February 13, 2011 at 18:52

    Mengkonsumsi daun murbei secara rutin terbukti dapat memperbanyak air susu

    ibu (ASI). Sekarang sudah tersedia dalam bentuk teh celup, harga

    Rp.10.000/kotak.

    Pemesanan hubungi:

    Bambang
    085659344517

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: