Home > kesehatan, Tips & Trik > Manfa’at Kelengkeng “Cantik, Sehat & Awet Muda”

Manfa’at Kelengkeng “Cantik, Sehat & Awet Muda”

Bentuk buah kelengkeng/lengkeng bulat, ukurannya kecil sebesar biji kelereng. Itulah buah lengkeng. Tapi bentuk dan ukuran itu ternyata tak sebanding dengan manfaat yang dibawanya. Tak hanya daging buahnya saja yang enak, menyegarkan, dan membawa banyak manfaat, biji, kulit, akar, dan daunnya pun menyimpan khasiat yang tak kecil bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Karena itu, Anda tak perlu menyesal telah membeli buah yang ukurannya tak lebih besar dari bola mata ini. Apa saja kandungan buah lengkeng? Apa juga khasiat daging, biji, akar, daun, dan kulitnya?

Lengkeng sudah sangat dikenal dan cukup disukai mesyarakat Indonesia. Tinggi pohon lengkeng bisa mencapai 10 meter atau lebih. Buahnya yang berwarna cokelat kekuningan dan kasar ini disebut euphoria longana. Rasa buah ini enak, manis, dan menyegarkan. Karena rasanya itu, buah yang kecil ini bisa membuat orang ketagihan. Tak heran, banyak orang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut atau dikonsumsi sebagai cemilan saat ngobrol atau menonton televisi.

Buah kecil berbentuk bulat yang berawal dari daratan China ini merupakan keluarga buah rambutan dan leci. Dalam bahasa Mandarin, lengkeng disebut dengan “ong ya guo“ atau “long yan“, yang berarti mata naga. Sementara di Indonesia sendiri, buah ini poppular dengan sebutan “mata kucing”. Julukannya seperti itu karena buah lengkeng mirip bola mata. Daging buahnya berbentuk bulat, berwarna putih bening dan mengandung banyak air sehingga bisa dibuat jus. Di tengah daging buah terdapat biji berwarna hitam atau cokelat tua.

Kandungan dan Manfaat

Sadarkah Anda bahwa buah yang biasa ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh? Kandungan yang terdapat dalam buah ini adalahZat besi, magnesium, fosfor, potassium, tiamin, kalsium, serat, protein.sukrosa, fruktosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan.

Fruktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, antara lain, mengendurkan syaraf. Buah ini memberikan rasa tenang berkhasiat mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi. Tak heran, orang menyebut lengkeng sebagai salah obat pengusir gelisah yang alami. Jika rasa gelisah mulai mendera Anda tanpa sebab, Anda tak perlu lagi mencari obat penenang. Mengonsumsi obat kimia terlalu banyak tak baik untuk tubuh. Yang alami jauh lebih baik dan aman.

Selain itu, daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung yang berdebar keras. Buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga. Karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina setelah sakit. Karena buah lengkeng juga mengandung serat, buah ini berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan proses buang air kecil dan air besar, mengatasi penyakit cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.

Kelengkeng berisi phenolic terutama yang terbanyak pada bijinya, seperti asam gallic, corilagin, dan asam ellagic, yang mengindikasikan adanya kandungan antioksidan.

Bijinya juga mengandung saponin, tanin, dan lemak, sehingga kerap dipakai sebagai bahan pembuat sampo dan untuk mengatasi keringat berlebihan. Juga digunakan untuk menghentikan perdarahan. Di Cina, biji kelengkeng dibuat minyak.

Daging buahnya tercatat dipakai secara tradisional untuk obat sakit perut (alat pencernaan), mengusir demam dan membunuh cacing perut, juga penangkal racun. Air seduhan daging buah yang dike­ringkan merupakan penyegar dan obat untuk insomnia, kelelahan kro­nis, perasaan lemah, tidak dapat konsentrasi, tidak nafsu makan.

Di Vietnam, biji kelengkeng dimemarkan dan digunakan untuk mengobati luka akibat gigitan ular karena diyakini dapat menyerap bisa ular. Juga kerap digunakan untuk mengatasi luka bakar. Daun dan bunganya di Cina dijual sebagai herbal.

Daunnya mengandung quercitrin dan quercetin, yang memiliki sifat antioksidan dan antivirus, sehingga bisa diman­faatkan untuk me­ngobati alergi, kanker, diabetes, dan penyakit kardiovasku­lar.

Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, dan asam tartaric yang merupakan sumber energi yang baik. Rasanya sangat manis dan berguna untuk meningkatkan stami­na, terutama sehabis sakit.

Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau sete­lah melahirkan. Bila dimakan dalam kondisi segar juga bisa mengurangi demam. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia, dan pemutihan rambut dini. Namun, jika makannya terlalu banyak akan membuat tubuh panas karena kelebihan energi.

Biji lengkeng juga mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino Biji lengkeng bisa dimanfaatkan untuk sampo, seperti halnya lerak. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan saponinnya, yakni zat yang berasal dari tumbuhan yang larut dalam air dengan membentuk larutan mirip sabun.

Bisa MeMabukan

Lengkeng juga memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi sehingga orang bisa mabuk kalau terlalu banyak mengonsumsinya. Sebenarnya kadar alkohol ini ada jika lengkeng sudah matang. “Semua buah kalau terlalu matang dan terjadi pembusukan (fermentasi), bisa jadi alkohol,” terang dr Samuel Oetoro, M.S. Sp.GK, dokter Spesialis Klinik Nutrisi. Karena kadar alkohol tersebut, buah lengkeng memiliki sifat hangat, tetapi tidak mengandung racun.
Ternyata bagian lengkeng yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh bukan hanya buahnya saja. Akar dan daunnya yang terasa pahit, bahkan biji yang keras, pun menyimpan khasiat yang tidak sedikit. Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daunnya berkhasiat sebagai antiradang dan pereda dan pereda demam. Sedangkan biji lengkeng berkhasiat membantu menghentikan pendarahan, mengatur arus energi yang keluar dan masuk pada organ vital manusia, serta menghilangkan rasa nyeri.

Biji lengkeng juga mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino.. Rasa kulit luarnya kecut agak manis, dengan sifat hangat astringen. Zat tersebut dapat menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi. Lebih sering di manfaatkan sebagai obat luar untuk merawat kulit.
Buah lengkeng juga menjadi tonik atau minuman yang menguatkan, 
Sehingga orang yang baru saja sakit dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini.

Sementara untuk kecantikan, buah lengkeng mengandung Vitamin C (antioksidan) untuk menangkal radikal bebas. Asal tahu saja, radikal bebas mampu merusak kecantikan kulit. Menurut dr Samuel, kandungan air buah lengkeng mampu menjaga kelenturan kulit.

sebagai obat

Cara pemakaian:

Kulit terbakar

Ambil cangkang kelengkeng yang telah dibakar sampai gosong. Tumbuk halus dan campur dengan minyak tung (aleuritis fordii). Kemudian bubuhkan pada bagian yang terbakar. Ramuan ini tidak saja meringankan rasa panas yang menjalar tapi juga luka bakar tanpa meniggalkan bekas.

Luka borok yang tak kunjung kering

Ambil sedikit cangkang (kulit) kelengkeng atau biji buah, kemudian bakar sampai gosong seperti arang lalu tumbuk halus. Campur dengan minyak zaitun dan sebarkan ke daerah yang luka.

Kulit pendarahan akibat jatuh

Ambil beberapa biji kelengkeng yang telah kering, bakar sampai gosong seperti arang. Lalu tumbuk sampai halus dan sebarkan ke daerah yang luka.

Karena buah kelengkeng merupakan buah musiman, kemungkinan Anda akan kesulitan untuk mendapatkan kulit dan biji kelengkeng disaat membutuhkannya. Ada cara yang bisa Anda pakai, yaitu saat musim kelengkeng tiba. Anda bisa menyimpan kulit dan bijinya dalam wadah khusus.

Caranya, cuci bersih kulit dan biji kelengkeng lalu jemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering, lalu simpan.

sekilas tentang buah kelengkeng, di samping rasanya manis, ternyata banyak manfaatnya kan? sering-seringlah mengonsumsi, agar dapat mencoba manfaatnya.

Dikutip dari berbagai sumber

Bentuk buah kelengkeng/lengkeng bulat, ukurannya kecil sebesar biji kelereng. Itulah buah lengkeng. Tapi bentuk dan ukuran itu ternyata tak sebanding dengan manfaat yang dibawanya. Tak hanya daging buahnya saja yang enak, menyegarkan, dan membawa banyak manfaat, biji, kulit, akar, dan daunnya pun menyimpan khasiat yang tak kecil bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. Karena itu, Anda tak perlu menyesal telah membeli buah yang ukurannya tak lebih besar dari bola mata ini. Apa saja kandungan buah lengkeng? Apa juga khasiat daging, biji, akar, daun, dan kulitnya?
Lengkeng sudah sangat dikenal dan cukup disukai mesyarakat Indonesia. Tinggi pohon lengkeng bisa mencapai 10 meter atau lebih. Buahnya yang berwarna cokelat kekuningan dan kasar ini disebut
euphoria longana. Rasa buah ini enak, manis, dan menyegarkan. Karena rasanya itu, buah yang kecil ini bisa membuat orang ketagihan. Tak heran, banyak orang menyajikan buah ini sebagai hidangan pencuci mulut atau dikonsumsi sebagai cemilan saat ngobrol atau menonton televisi.
Buah kecil berbentuk bulat yang berawal dari daratan China ini merupakan keluarga buah rambutan dan leci. Dalam bahasa Mandarin, lengkeng disebut dengan “ong ya guo
atau “long yan, yang berarti mata naga. Sementara di Indonesia sendiri, buah ini poppular dengan sebutan “mata kucing”. Julukannya seperti itu karena buah lengkeng mirip bola mata. Daging buahnya berbentuk bulat, berwarna putih bening dan mengandung banyak air sehingga bisa dibuat jus. Di tengah daging buah terdapat biji berwarna hitam atau cokelat tua. Kandungan dan Manfaat Sadarkah Anda bahwa buah yang biasa ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh? Kandungan yang terdapat dalam buah ini adalah
Zat besi, magnesium, fosfor, potassium, tiamin, kalsium, serat, protein.sukrosa, fruktosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan.
Fruktosa merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik untuk tubuh karena menjaga kadar gula dalam darah. Sedangkan glukosa termasuk gula yang tak baik. Kombinasi senyawa-senyawa
fitokimia ini melahirkan berbagai khasiat, antara lain, mengendurkan syaraf. Buah ini memberikan rasa tenang berkhasiat mengatasi rasa gelisah, susah tidur dan sulit berkonsentrasi. Tak heran, orang menyebut lengkeng sebagai salah obat pengusir gelisah yang alami. Jika rasa gelisah mulai mendera Anda tanpa sebab, Anda tak perlu lagi mencari obat penenang. Mengonsumsi obat kimia terlalu banyak tak baik untuk tubuh. Yang alami jauh lebih baik dan aman.
Selain itu, daging buah lengkeng juga bermanfaat menyehatkan jantung dan bisa mengobati jantung yang berdebar keras. Buah lengkeng juga dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga. Karena itu, buah ini sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam proses pemulihan stamina setelah sakit. Karena buah lengkeng juga mengandung serat, buah ini berguna pula untuk menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan proses buang air kecil dan air besar, mengatasi penyakit cacingan, menyehatkan mata, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia.
Kelengkeng berisi
phenolic terutama yang terbanyak pada bijinya, seperti asam gallic, corilagin, dan asam ellagic, yang mengindikasikan adanya kandungan antioksidan.

Bijinya juga mengandung saponin, tanin, dan lemak, sehingga kerap dipakai sebagai bahan pembuat sampo dan untuk mengatasi keringat berlebihan. Juga digunakan untuk menghentikan perdarahan. Di Cina, biji kelengkeng dibuat minyak.
Daging buahnya tercatat dipakai secara tradisional untuk obat sakit perut (alat pencernaan), mengusir demam dan membunuh cacing perut, juga penangkal racun. Air seduhan daging buah yang dike­ringkan merupakan penyegar dan obat untuk insomnia, kelelahan kro­nis, perasaan lemah, tidak dapat konsentrasi, tidak nafsu makan.
Di Vietnam, biji kelengkeng dimemarkan dan digunakan untuk mengobati luka akibat gigitan ular karena diyakini dapat menyerap bisa ular. Juga kerap digunakan untuk mengatasi luka bakar. Daun dan bunganya di Cina dijual sebagai herbal.
Daunnya mengandung
quercitrin dan quercetin, yang memiliki sifat antioksidan dan antivirus, sehingga bisa diman­faatkan untuk me­ngobati alergi, kanker, diabetes, dan penyakit kardiovasku­lar.
Buah ini banyak mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, dan asam tartaric yang merupakan sumber energi yang baik. Rasanya sangat manis dan berguna untuk meningkatkan stami­na, terutama sehabis sakit.
Kelengkeng sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi bagi wanita hamil yang lemah atau sete­lah melahirkan. Bila dimakan dalam kondisi segar juga bisa mengurangi demam. Memakan buah ini secukupnya secara teratur dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia, dan pemutihan rambut dini. Namun, jika makannya terlalu banyak akan membuat tubuh panas karena kelebihan energi.

Biji lengkeng juga mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino Biji lengkeng bisa dimanfaatkan untuk sampo, seperti halnya lerak. Manfaat ini diperoleh berkat kandungan saponinnya, yakni zat yang berasal dari tumbuhan yang larut dalam air dengan membentuk larutan mirip sabun.

Bisa MeMabukan

Lengkeng juga memiliki kadar alkohol yang cukup tinggi sehingga orang bisa mabuk kalau terlalu banyak mengonsumsinya. Sebenarnya kadar alkohol ini ada jika lengkeng sudah matang. “Semua buah kalau terlalu matang dan terjadi pembusukan (fermentasi), bisa jadi alkohol,” terang dr Samuel Oetoro, M.S. Sp.GK, dokter Spesialis Klinik Nutrisi. Karena kadar alkohol tersebut, buah lengkeng memiliki sifat hangat, tetapi tidak mengandung racun.
Ternyata bagian lengkeng yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh bukan hanya buahnya saja. Akar dan daunnya yang terasa pahit, bahkan biji yang keras, pun menyimpan khasiat yang tidak sedikit. Akar lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daunnya berkhasiat sebagai antiradang dan pereda dan pereda demam. Sedangkan biji lengkeng berkhasiat membantu menghentikan pendarahan, mengatur arus energi yang keluar dan masuk pada organ vital manusia, serta menghilangkan rasa nyeri.
Biji lengkeng juga mengandung zat yang berguna untuk pigmen dan asam amino.. Rasa kulit luarnya kecut agak manis, dengan sifat hangat astringen. Zat tersebut dapat menyebabkan pengerutan jaringan sehingga dapat mengurangi sekresi. Lebih sering di manfaatkan sebagai obat luar untuk merawat kulit.
Buah lengkeng juga menjadi tonik atau minuman yang menguatkan. Sehingga orang yang baru saja sakit dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Sementara untuk kecantikan, buah lengkeng mengandung Vitamin C (antioksidan) untuk menangkal radikal bebas. Asal tahu saja, radikal bebas mampu merusak kecantikan kulit. Menurut dr Samuel, kandungan air buah lengkeng mampu menjaga kelenturan kulit.

  1. NIEYAS
    January 28, 2010 at 21:42

    WAH,BARU TAU NICH KHASIATNYA.ternyata manfaatnya bnyak sekali,thanks for this information.mulai sekarang simpan ahh…kulit dan bijinya

  2. Gita.s
    August 22, 2010 at 20:04

    2.$ubhana££ah, Buah kelengkeng’ ternyata banyak’ jg khasiatnya,, Q bru tw skrg, So mks bgt’, q jd dyn kmsumsix.

  3. wisnu
    October 26, 2010 at 22:11

    bisa minta info cara pengolahan/takaran daunnya untuk pereda demam? Thanks

    • indragp2009
      November 5, 2010 at 10:46

      masama. di tunggu postingan berikutnya ya

  4. Intan tamrong sakulsiri
    November 10, 2010 at 11:01

    Kabarnya di Thailand biji lengkeng bisa obat kanker usus.
    karna sy kurang tau bener bhs Thai maka sy tanyakan.Takut salah obat.
    Obat alami ato kimia bisa saja jadi racun kalo tidak tepat. Trim’slah.

    • indragp2009
      December 18, 2010 at 21:25

      maaf saya belum mendengar.. nanti di cari2 dulu

  5. July 11, 2011 at 20:10

    oh ya hhhhhhhhhhhhhhhh

  6. azizah
    July 28, 2011 at 06:43

    nice, baca ini sambil makan lengkeng berasa banget manfaatny………….

    • indragp2009
      August 2, 2011 at 12:57

      amin

  7. August 27, 2011 at 22:33

    I like lengkeng🙂

  8. Hernawati
    November 15, 2011 at 22:22

    Alhamdulillah… Sy akan simpen n’ jemur ne bj n’ kulit klengkeng… (Mumpung lg mkn neh)

  9. audiay
    April 6, 2012 at 17:31

    Wah aq jdi ingin…….. Makan lengkeng gara2 bca ini

  10. audiay
    April 6, 2012 at 17:32

    Wah aq jdi ingin…….. Makan lengkeng gara2 bca ini. 😀

  11. dinda ;)
    April 6, 2012 at 17:36

    Wah aq jdi ingin…….. Makan lengkeng gara2 bca ini. 😀 ……….. Thanks nya. ….. :*

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: